Minggu, 25 September 2011

Tips Mengatasi ponsel mati

Ponsel yang sering mati sendiri dapat disebabkan oleh beberapa hal, pertama bisa karena penggunaan arus pada komponen power yang terlalu berlebihan, yang kedua karena komponen memory sementara atau yang disebut juga SDRAM sudah lemah, ketiga bisa disebabkan oleh melemahnya komponen konverter tegangan (DC to DC converter) atau yang lebih dikenal dengan sebutan zokus dan kemungkinan yang keempat adalah terjadi bad connect pada komponen data (CPU dan Flash ROM).

Solusi dari permasalahan tersebut yang bisa Anda lakukan sebagai berikut :

- Lakukan rehot/penggantian pada komponen yang bermasalah, seperti IC power (CCONT atau UEM) jika diketahui terjadi kerusakan pada komponen tersebut.

- Rehot atau ganti komponen SDRAM dan Zokus, biasanya komponen tersebut mulai melemah kinerjanya. Untuk memprediksi kerusakan yang berkaitan dengan komponen SDRAM dan Zokus ini, Anda dapat menggunakan cara sebagai berikut. Apabila ponsel mati sendiri dengan waktu diatas 5 menit, ini lebih disebabkan oleh IC SDRAM yang lemah, dan apabila ponsel mati sendiri dengan waktu di bawah 1 menit, ini bisa disebabkan oleh komponen Zokus yang lemah.

- Rehot IC CPU atau cetak ulang kakinya (lakukan dengan hati-hati, karena IC CPU rentan rusak bila terkena panas yang berlebihan).

1 komentar:

Liana Noviyanti mengatakan...

hmm,...
thx,...
blog nx menarik

Poskan Komentar

Template by:

Free Blog Templates